Akuntansi

Pengertian Akuntansi Perusahaan

Pada dasarnya, akuntansi perusahaan adalah suatu proses pencatatan ataupun prosedur akuntansi perusahaan, seperti dengan mengetahui siklus akuntansi, akun bisnis yang digunakan, dan juga mengetahui laporan keuangan, seperti laporan arus kas, laporan laba rugi, atau laporan lainnya dalam suatu perusahaan dalam kurun waktu periode yang telah ditetapkan.

Nah, beberapa laporan yang diperlukan dalam akuntansi perusahaan adalah laporan neraca, laporan laba rugi, laporan persediaan barang, laporan arus kas, laporan piutang dan laporan utang.

Jenis Akuntansi Perusahaan

 1. Akun Pembelian

Jenis pertama dari akuntansi perusahaan adalah akun pembelian. Akun ini digunakan untuk mencatat pembelian barang atau jasa yang masuk ke dalam bisnis Anda atau perusahaan Anda sebelum dijual ke pelanggan. Transaksi lain selain pembelian barang atau jasa tidak boleh dimasukkan ke dalam akun ini.

2. Akun Penjualan

Jenis akun selanjutnya di dalam akuntansi perusahaan adalah akun penjualan. Akun ini berguna untuk menyimpan berbagai kegiatan ataupun transaksi penjualan barang dagang perusahaan pada konsumen atau perantara. Transaksi selain penjualan barang sangat dilarang untuk dimasukkan ke dalam akun ini.

3. Akun Persediaan

Akun yang ketiga dan harus Anda ketahui dalam akuntansi perusahaan adalah akun persediaan. Jenis akun ini sangat penting sekali untuk mengetahui persediaan barang yang masih ada di gudang. Selain itu, akun ini juga nantinya akan menyimpan data terkait persediaan barang di gudang dalam periode waktu tertentu.

Jadi, akuntansi perusahaan adalah suatu proses pencatatan ataupun prosedur akuntansi perusahaan, seperti dengan mengetahui siklus akuntansi, akun bisnis yang digunakan, dan juga mengetahui laporan keuangan, seperti laporan arus kas, laporan laba rugi, atau laporan lainnya dalam suatu perusahaan dalam kurun waktu periode yang telah ditetapkan.

Di dalam akuntansi perusahaan terdapat delapan akun utama, yaitu akun pembelian, penjualan, persediaan, harga pokok penjualan, potongan tunai, potongan pembelian dan penjualan, retur penjualan dan akun beban pemasaran.

Namun dengan terus berkembangnya kemajuan zaman, teknologi pun sudah memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan akuntansi. Bila sebelumnya kegiatan akuntansi dilakukan di buku catatan kertas yang besar dan tebal, atau menggunakan aplikasi Microsoft Excel, sekarang kegiatan akuntansi sudah bisa dilakukan secara mudah dengan menggunakan aplikasi berbasis website.